Hidup (kehidupan:secara sosial) tuh apa sih ??


Pertama-tama saya cuman mau bilang, kalau postingan ini terinspirasi dari temen kuliah saya, Hertoni Aditya (Promosi nih Ton, heheh), dia bertanya kepada temen-temen saya dan juga saya. Bingung mau nulis apa buat tugas ISD kuliah, yang ada dipikiran saya cuman masa lalu (abis liat status-status FB saya selama 2010). Yok baca dialog pembukanya dulu !!!

Toni: Sebenernya menurut kalian, hidup itu apa sih ???

—temen-temen saya menjawab dengan berbagai pendapat—

Saya: Menurut gue, Hidup tuh simpleTon ! karena hidup tuh pilihan Ton !

Toni: Sama !! gue juga mikir sama !!

Emang sih, saya baru sadar bahwa hidup itu simple, mudah,(setelah nonton film 2Fast 2Furious*Tokyo Drift) karena hidup tuh emang kondisi pada saat kita memilih sesuatu yang akan kita pilih (agak rumit penjelasannya). Saya akan mengambil contoh sebuah teori fisika, yaitu butterfly effect (efek kupu-kupu) dimana kepakan kupu-kupu dapat menyebabkan angin topan di belahan bumi lainnya. Misalkan pada detik ini seseorang kehilangan pekerjaanya, setelah di kantornya ia dimarahi Bosnya karena dia keluyuran di jam kerja untuk bertemu kekasihnya yang marah(tidak membelikannya sebuah cincin) dengan seseorang tadi. Hidup itu pilihan, salah satu pilihannya adalah ketika seseorang tadi memilih untuk tidak membelikan kekasihnya cincin, apakah akan sama jalan kehidupannya jika ia membelikan kekasihnya cincin ?? tidak ada yang tahu, bisa saja ia tidak di pecat oleh Bosnya, ia kan ?? karena hidup itu memang pilihan.

Saya contohkan sebuah potret kehidupan yang lebih mudah dipahami, seseorang yang baik secara sikap dan tingkah laku itu adalah hasil dari pilihannya disetiap detik ketika dia dihadapkan oleh sebuah pilihan untuk melakukan hal-hal yang baik atau sebaliknya.

Sama seperti setiap cabang pada pohon, cabang yang paling panjang dan tinggi adalah hidup kita detik ini, sedangkan cabang-cabang lainnya adalah kemungkinan keadaan hidup kita ketika kita memilih pilihan lain pada saat di pangkal cabang. Sebagai mahasiswa ILKOM, saya bisa mengartikan hiudp seperti sebuah Diagram alur, YES or NO.

Hidup itu adalah ketika kita mengambil sebuah kesempatan. Pikirkan setiap detik ketika anda dihadapkan oleh sebuah pilihan kecil yang akan berpengaruh besar kepada waktu yang akan datang, karena walaupun kematian merupakann ketentuan Allah SWT tetapi hidup adalah jalan yang kita tentukan sendiri

Leave a Reply

