Makna Sesungguhnya dari “HOPE FOR THE BEST AND PREPARE FOR THE WORST”


Mungkin ungkapan pada judul sudah pernah anda dengar, atau pun sering anda ucapkan. Yah, ungkapan ini cocok sekali untuk mengawali semester ketiga perkuliahan saya di Gunadarma. Pada awal semester saya sudah memiliki harapan-harapan yang tinggi, IPK saya harus 4 !!! *ketinggian banget kan, “berharap boleh-boleh saja, asal jangan ketinggian, nanti kalau jatuh, sakit banget” itu yang sering orang katakan jika melihat rekannya mempunyai harapan terlalu tinggi. Ok back to ungkapan tadi, pada tahun 1702, pepatah tradisional ini dikemukakan pertama oleh Roger L’Estrange, dalam bukunya Seneca’s Morals, pepatah-pepatah beliau merupakan kata-kata mutiara kehidupan.

Pada waktu itu saya menemukan pepatah ini karena sedan mencari tugas kuliah dibantu om google , setelah mengetahui ungkapan ini saya langsung termotivasi untuk berpikir hal-hal yang terbaik namun tetap mempersiapkan hal-hal yang saya anggap sebagai ancaman ketika harapan-harapan terbaik itu sirna. Setelah beberapa hari sebelum saya menulis artikel ini, saya menyadari, bahwa bukan itulah makna sesungguhnya dari  pepatah tersebut, saya terlalu optimis dan lebih banyak berpikir seolah-olah saya dapatkan harapan-harapan terbaik itu.

Makna sesungguhnya yang saya pahami setelah beberapa hari ialah, bahwa kita boleh memiliki harapan yang terbaik untuk kita, tapi setelah itu, upayakan diri kita untuk tidak banyak memikirkan harapan terbaik, karena bagaimanapun harapan yang terbaik tak perlu banyak persiapan mungkin dengan optimisme sudah cukup, yang perlu dipikirkan dan benar-benar disiapkan adalah ketika kita kehilangan harapan tersebut, dan jatuh dalam kondisi terburuk. Jika kita telah sungguh-sungguh “PREPARE FOR THE WORST” maka ketika harapan sirna, masih ada jalan lain yang bisa kita tempuh meski harus melewati kerikil tajam.

Leave a Reply

