Mengapa Saya Harus Belajar Bahasa Indonesia ?


Saya harus belajar bahasa Indonesia karena bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa Indonesia. Sebagai bahasa pemersatu bangsa, bahasa Indonesia digunakan untuk berkomunikasi dengan seluruh masyarakat Indonesia. Dengan berbagai macam suku dan bahasa yang ada di Indonesia, bahasa Indonesia menyatukan keragaman tersebut. Bahasa Indonesia juga patut dipelajari karena merupakan bahasa sehari-hari. Bahasa Indonesia yang baik digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, dan orang lain. Dengan mempelajari bahasa Indonesia maka tidak terjadi kesalahpahaman penggunaan kata yang terkadang memicu konflik sosial seperti yang terjadi di masyarakat.

Untuk keperluan formal di Indonesia saya patut mempelajari bahasa Indonesia sesuai EYD (Ejaan Yang Disempurnakan), contohnya jika ingin membuat karya ilmiah, proposal, dll diperlukan format bahasa sesuai EYD. Dengan demikian bahasa Indonesia merupakan pendukung untuk memperoleh atau mempelajari ilmu pengetahuan baru. Buku-buku pelajaran biasanya ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar, jika saya kurang memahami bahasa Indonesia, saya akan menemui banyak kesulitan pula dalam memahami pelajaran yang terdapat dalam buku-buku tersebut.

Mempelajari bahasa Indonesia memiliki keuntungan tersendiri bagi beberapa jenis pekerjaan. Contohnya, orang yang bekerja pada redaksi buku memiliki tugas untuk memperbaiki naskah buku yang akan diterbitkan ke masyarakat Indonesia.

Alasan lainnya karena dengan mempelajari bahasa Indonesia dengan baik dan benar, saya dapat memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia. Saya harus memahami struktur bahasa saya terlebih dahulu (bahasa Indonesia), setelah itu saya dapat mempelajari struktur bahasa asing lebih mudah.

Banyak hal yang dapat saya peroleh dengan mempelajari bahasa Indonesia, mulai dari komunikasi dengan masyarakat, pekerjaan yang menarik, ilmu pengatahuan yang beragam, serta kemudahan dalam mempelajari bahasa asing.

Leave a Reply

